Profil dan Biografi Ridwan Solichin S.Ip, M.si

Senin, 31 Desember 2012

Ridwan Solichin, lahir di Bau-bau 21 Oktober 1976. Orang Tuanya "Akang kalem" ini Aslinya dari Indihiang Pagendingan Cisayong Tasikmalaya. 

Saat ini ia tinggal di Dusun Ciawi RT 02 RW 04 Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor. Laki-laki yang sangat aktif di Kampus ini menyelesaikan kuliah S1nya di Fisip Undap Jurusan Administrasi Negara. Lalu melanjutkan Strata 2 di Universitas Indonesia dengan mengambil Program Studi Ketahanan Nasional.


Pria yang berpenampilan kalem ini adalah anggota DPRD Kabupaten Sumedang perioda 2009-2014. Ia mendapat amanah sebagai Ketua fraksi PKS dan Sekertaris Komisi A yang membidangi masalah pemerintahan, hukum dan pertanahan serta perizinan. Kiprahnya di DPRD cukup aktif, sebagai advokasi ia lakukan terhahap permasalahan yang dihadapi masyarakat Sumedang khususnya dapil 1 yang ia wakili. Masalah sumur artesis, perizinan apartement pinewood di Jatinangor adalah beberapa aspirasi masyarakat yang pernah ia advokasi.

Sebelum bekiprah di DPRD dan menjadi politisi, suami dari drg. Iting Mursyidah Hanum ini pernah aktif di beberapa organisasi kampus dan kepemudaan. Ketua kerohanian Islam Fsip Unpad dan Ketua Umum BPM Fisip Unpad pernah ia jabat semasa kuliah di Unpad. Selain itu, ia pernah menjabat sekertaris Umum DPD PKS Sumedang yang pada Akhirnya Musda PKS Sumedang pada Tahun 2010 yang lalu menghantarkannya menjadi ketua DPD PKS Sumedang untuk kedua kalinya. Dan saat ini, ia Menjabat sebagai Wakil Ketua Umum GM FKKPPI Rayon Jatinangor.

Keilmuan yang dimilikinya, saat ini membuat ia diminta untuk mengajar di STIKES Dharma Husada sampai saat ini. Pria yang pernah bersekolah di SDN 22 Pagi Jakarta Selatan, SMPN 227 Jakarta Selatan dan SMAN 28 Jakarta ini dianugrahi tiga orang anak, Muhammad Akmal Ath-Thoriq (10 th), Raihana Shabira (8), Muhammad Wildan Al-Fayad(5).

Nama Lengkap Calon Wakil Bupati: RIDWAN SOLICHIN, S.IP., M.Si.
Tempat Tanggal Lahir     : Baubau, 21 Oktober 1976
Pekerjaan Terakhir     : Anggota DPRD Kabupaten Sumedang
Pendidikan Terakhir     : Pasca Sarjana
Alamat     : Dusun Ciawi RT. 02 RW. 04 Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang
Riwayat Pendidikan

a. SDN 22 Pagi Jakarta Selatan
b. SMPN 227 Jakarta Selatan
c. SMAN 28 Jakarta Selatan
d. FISIP UNPAD (S1)
e. UNIVERSITAS INDONESIA (S2)

Riwayat Organisasi
a. Ketua ROHIS FISIP UNPAD
b. Ketua Umum BPM FISIP UNPAD
c. Ketua Umum GARDA KEADILAN Jawa Barat
d. Wakil Ketua Umum GM FKPPI Rayon Jatinangor

Riwayat Pekerjaan
a. Dosen STIKES DHARMA HUSADA
b. Anggota DPRD Kabupaten Sumedang 2009/2014 
Pria yang mempunyai motto "nahnu du'at qobla kulli sai" ini dikenal dengan orang yang ramah, cerdas, tidak banyak bicara dan mempunyai wawasan yang luas. Tidak heran partai yang diketuainya saat ini, Partai Keadilan Sejahtera mengamanahkannya sebagai calon wakil bupati dalam pemilukada Sumedang 2013 yang akan datang.


SHARE THIS :

1 komentar:

Posting Komentar